Kamis, 19 Mei 2016

Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Epilepsi

Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Epilepsi

Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Epilepsi - Informasi mengenai manfaat daun pegagan untuk penderita epilepsi, agar gejala yang ditimbulkan dari epilepsi tidak cepat kambuh dan dapat teratasi.

Daun pegagan (cantella asiatica) merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat, tanaman yang dikenal dengan nama antanan ini dapat mengurangi gejala dan frekuensi serangan penyakit epilepsi.

Tanaman herbal pegagan mempunyai senyawa aktif seperti triterpenoid, senyawa brahmoside (Bacoside A), dan senyawa brahminoside yang mempunyai sifat sedatif atau memberi efek tenang dan bisa merelaksasi pembuluh darah dalam tubuh yang sedang tegang.
Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Epilepsi
Mekanisme herbal pegagan didalam peningkatkan gamma aminobutiyric acid (GABA) dan juga neurotransmitter yang memiliki peran dalam pengaturan sel saraf dan juga mencegah terjadinya kejang bagi penderita epilepsi yang mana kejang adalah salah satu ciri khas dari penyakit tersebut.

Dan bagi Anda penderita epilepsi yang ingin mencoba melakukan pengobatan menggunakan daun pegagan untuk mengatasi gejala epilepsi tersebut, inilah resepnya :

  • Sediakan segenggam daun pegagan dan cuci sampai bersih
  • Sediakan gula aren atau gula jawa secukupnya
  • Gabungkan daun pegagan dan gula aren tersebut
  • Setelah itu, belender atau tumbuk sampai halus dan merata.
  • Kemudian, ambil satu sendok ramuan yang telah diblender/ditumbuk tersebut dan seduh dengan segelas air yang mendidih.
  • Dan saring ramuan tersebut, serta minum secara rutin satu gelas perhari.

Catatan :

Ramuan pegagan lebih baik tidak diberikan pada ibu hamil dan menyusui serta anak-anak. Orang yang mempunyai riwayat diabetes juga harus mewaspadai karena daun pegagan akan meningkatkan kadar gula dan lemak darah.

Ramuan herbal pegagan juga dapat menimbulkan alergi kulit, sehingga menimbulkan rasa panas terbakar. Dan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan infertilitas atau gangguan kesuburan.

Anda yang sedang menggunakan obat antiplatelet termasuk aspirin harus mewaspadai, selain itu menurut laporan dalam beberapa kondisi mengkonsumsi ramuan daun pegagan dapat berinteraksi dengan obat golongan efedrin, teofilin, atropine, dan kodein.
Itulah informasi mengenai manfaat daun pegagan untuk penderita epilepsi, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda dalam meringankan penyakit epilepsi.

Semoga Bermanfaat.. Terima Kasih..

0 komentar:

Poskan Komentar